Thursday, June 4, 2009

LATAR BELAKANG/SEJARAH KOPERASI
Koperasi SIDI singkatan dari Suksmaning Idep Drana Ika yang maknanya adalah mencapai cita – cita harus mempunyai kesabaran dan daya tahan dalam perjuangan. Didirikan pada tanggal 16 Nopember 1951 berkedudukan di Desa Intaran Sanur dengan jumlah anggotanya 49 orang. Pendirinya beberapa orang sebagai pionir dalam koperasi di desa ini, pengurus pertama tanggal 16 Nopember 1951 dengan susunan sebagai berikut :
Ketua : I Nym. Naryana (Alm)
Wakil Ketua : I Ketut Rena
Sekretaris : I Nym. Naryana (Alm)
Bendahara : I Gst. Gd. Raka (Alm)
Badan Pemeriksa : Ida Bagus Ketut Beratha (Alm)
Gs. Made Adhi (Alm)
Gs. Made Rundu (Alm)
Sesuai dengan Anggaran Dasar (termuat dalam Akte Pendirian Badan Hukum No. : 1586a/12/67 tanggal 17 Desember 1968 dan telah disesuaikan menjadi Badan Hukum No. : 1586b/12/67 tanggal 11 maret 1991 dan pada tanggal 26 maret 1996 disesuaikan menjadi No. : 159/BH/PAD/KWK.22/III/1996), Kopersi ini boleh melakukan usaha di bidang perkreditan, Konsumsi, kegiatan pelayanan di bidang pariwisata.
Ketekunan para pendiri dan pengurus koperasi SIDI yang dimotori terutama oleh Ida Bagus Ketut Beratha (yang kemudian beliu menjadi Lurah Sanur), Koperasi SIDI dapat memacu diri, meskipun pada tahun 1970 sampai dengan 1980 mengalami kemunduran yang hampir saja meghentikan kegiatan usahanya. Hal ini disebabkan karena tidak lagi diberikan fasilitas penjualan minyak tanah, gula pasir dan kain batik oleh pemerintah disamping keadaan perekonomian yang kurang mendukung sebagai akibat turunnya nilai uang dari Rp. 1000,- menjadi Rp. 1,- (sanering), manajemen yang belum mapan, ketrampilan berusaha di bidang koperasi yang belum memadai untuk siap bersaing dengan swasta.
Pada tahun 1981 tepatnya bulan Nopember, hambatan serius ini dapat teratasi berkat adanya kebijaksanaan Yayasan Pembangunan Sanur yang medrop uang kepada semua Warga Desa Sanur (Setelah Pemekaran Menjadi : Kelurahan Sanur, Desa Sanur Kerja dan Desa Sanur Kauh) yang sudah menjadi anggota banjar. Uang yang di drop itu berjumlah Rp. 10.000.000,- untuk pembayaran simpanan pokok kepada Koperasi, masing - masing Rp. 5000,- per kapita. Sedangkan simpanan wajib Rp. 100,- per kapita. Selanjutnya di bayar oleh masing - masing anggota setiap bulan. Dengan demikian perhitungan mulai tahun 1981 ke semua Warga Desa Sanur (Ketiga Desa/Kelurahan) menjadi anggota KSU SIDI dengan jumlah anggota 2025 orang. Kebijaksanaan ini merupakan keputusan pimpinan LKMD bersama Yayasan Pembanguna Sanur. Sehingga oleh Masyarakat Sanur peristiwa ini dianggap sebagai kebangkitan koperasi yang kedua setelah mengalami periode konsolidasi dan mawas diri, pengurus bersama anggota berhasil meningkatkan kegiatan koperasi sehingga dapat meraih juara mulai tingkat Kabupaten, propinsi dan Nasional untuk jenis – jenis Koperasi lain - lain.
Perkembangan setelah kebangkitan kedua tahun 1982 sampai dengan 1984 dengan pengurus pertamanya adalah:
Ketua : I Ketut Komang
Wakil Ketua : I ketut Rena
Sekretaris : Ida Bagus Mayun
Bendahara : I Gst. Gd. Raka (Alm)
Pembantu : I Wayan Sudarma
Badan Pemeriksa : Ida Bagus Ketut Beratha (Alm)
Ida Bagus Nuratmaja
Ida Bagus Made Sadhana
Pengurus menurut anggaran dasar dipilih dua tahun sekali, mengalami beberapa perubahan, dan pada tahun 1990/1992 karena wakil ketua dan skretaris tidak aktif lagi maka pengurus dipilih dengan menampilkan generasi muda dengan susuna sebagai berikut :
Ketua : I Ketut Komang
Wakil Ketua : Drs. I Made Berana
Sekretaris : I Gst Made Putra, SH.
Bendahara I : I Gst. Made Rumatenaya
Bendahara II : I Made Sakah Karyana, Bsc.
Pembantu : I Wayan Sudarma
Badan Pemeriksa : Ida Bagus Made Parka
Drs. I Wayan Sarjana
I Wayan Kanggi
Keanggotaan koperasi SIDI dari 2025 orang tahun 1982 bertambah terus, pada tahun 1991 tercatat 2054 orang dan tahun 1996 telah tercatat jumlah anggota penuh sebanyak 2063 orang tersebar pada 25 Banjar diwilaya ketiga Desa/Kelurahan Sanur.
Demikianlah sejarah singakat berdirinya kopersi Serba Usaha (KSU) SIDI Sanur.
Categories:

1 comment:

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www ,

    SmsQQ , com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker -

    Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com


    bosku minat daftar langsung aja bosku^^

    ReplyDelete